Review Novel" Nocturnal " karya Cora Pandu






Identias Buku :
Judul Buku          : Nocturnal
Penerbit                : Mazola
Pengarang            : Cora Pandu
Jumlah Halaman  : 286 halaman
Ukuran                 : 13.5 x 20 cm
Tahun Terbit         : Mei 2003
ISBN                    : 978-602-7968-58-5

Novel berjudul “Nocturnal” karya Cora Pandu yang diteritkan oleh Mazola cetakan pertama pada Mei 2004. Novel ini menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Rheina yang merupakan mahasiswa baru jurusan teknik geofisika, ia merasa salah jurusan, Karena ipknya sangat rendah. Semester satu telah berakhir dan masuk semester dua rheina belum mengikuti UKM sama sekali akhirnya setelah dipertimbangkan ia tertarik pada unit kegiatan mahasiswa pecinta alam yang bernama Nocturnal ia ikut pecinta alam bersama temannya yang bernama tika. Di sana juga bertemu  dengan anak fakultas lainnya salah satunya bernama tyo dia merupakan orang yang menyebalkan dan songong yang membuat rheina kesal setiap kali berbicara dengannya. Ternyata masuk unit kegiatan pecinta alam tidak semudah yang dibayangkan oleh rheina dan tika, tidak hanya wawancara dan seleksi yang harus dilewati untuk lolos tetapi juga ada pelatihan dasar yang wajib diikuti oleh seluruh calon warga baru nocturnal, seperti latihan fisik dan masih banyak. lagi Kali ini calon warga baru akan latihan dasar mendaki gunung tetapi rheina belum sama sekali mempunyai perlengkapan naik gunung seperti carrier dan kawan –kawanya akhirnya dia meminjam kepada laki-laki bernama Aryo yang merupakn teman dari senior nocturnal. Pada saat itu rheina semakin dekat dengan aryo dia mulai merasa nyaman di dekatnya mereka berdua sering jalan berdua layaknya remaja masa pendekatan. Akhirnya pada suatu hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh rheina pun datang juga, aryo menyatakan perasaanya padanya  daan mulai saati itu mereka berdua resmi pacaran.
Satu hari aryo harus bekerja ke Sulawesi selama enam bulan dan pada saat itu kegiatan rheina sedang padat-padatnya dia harus melakukan ekspedisi yang membuat rheina harus harus kerja extra dan begadang setiap hari sampai ia tidak pernah pulang kekosan karena mengurusi ekspedisi. Hal tersebut membuat pertemuannya dengan aryo semakin berkurang dan apalagi aryo akan berangkat sebentar lagi. Itu membuat rheina uring-uringan bahkan dia sempat berfikir untuk mengundurkan diri dari nocturnal. Tetapi berkat seniornya ia tidak jadi mengundurkan diri karena jika dipikir lebih jauh lagi semua kesibukannya akan memberikan manfaat padanya untuk dimasa mendatang.
Satu hari sebelum keberangkatan aryo ke Sulawesi rheina menghabiskan waktu berdua dengan aryo di kosan. Karena kamar aryo berantakan rheina berinisiatif untuk membersikannya secara tidak sengaja ia melihat sebuah tumpukan kardus di bawah meja aryo ia penasaran apa isinya akhirnya ia memutuskan untuk membukanya. Ternyata setelah dibuka rheina menemukan sebuah foto seorang perempuan berjilbab yang bisa dibilang cantik yang kira-kira berumur sama dengan aryo  dibalik foto tersebut tertulis nama Lidya Kumala Ratih tanpa sengaja ia juga menemukan secarik kertas yang berjudul rencana masa depan aryo dan salah satu tulisannya yaitu menikah dengan wanita yang bernama lidya. Melihat tulisan tersebut rheina merasa cemburu ia sempat berfikitr apakah ia hanya dijadikan sebagai pelampiasan oleh aryo. Setelah itu ia memutuskan untuk pulang karena ia merasa kecewa dengan aryo. Pagi harinya aryo berangkat tetapi rheina tidak dapat mengantarkannya karena dia sudah berangkat ke gunung cermai.
Sudah beberapa bulan rheina menjadi anggota nocturnal dia sangat mencintai nocturnal karena ia banyak mendapatkan pengalaman yang tidak terduga dari sini. Acara naik selanjutnya dia mendapatkan tugas sebagai sekertaris dan diketuai oleh tyo, mereka menjadi semakin sedat karena setiap hari harus merencanakan untuk acara naik gunung . Tidak ada hujan tak ada angin entah gosip dari mana seluruh anggota nocturnal membicarakan bahwa tyo dan rheina memiliki hubungan khusus, padahal nyatanya mereka berdua hanya sebatas teman dan rekan kerja antara sekertaris dan ketua. Kabar tersebut sampai ketelinga aryo, beberapa hari ini pun rheina tidak mendapatkan kabar  dari aryo padahal sebentar lagi seharusnya arti pulang dari Sulawesi.
Kepulangan aryo pun tiba rheina menjemput aryo di bandara tetapi ada yang aneh dengan aryo, dia bersiap cuek kepada rheina, mereka berdua sampai di kosan dan rheina juga langsung pulan sampai dikosan rheinan merasa resah dengan perubahan sikap aryo dengannya. rheina berencana meminta maaf kepada aryo dan menjelaskan tentang berita hubungannya dengan tyo. Paginya rheina datang kerumah aryo tetapi belum sempat ia sampai kekosan aryo ia melihat aryo sedang berbincang akrab dengan seorang gadis berjilbab dan tidak salah lagi gadis tersebut adalah gadis yang berada pada foto kala itu. Rheina kecewa dan memutuskan untuk pulang dengan air mata yang tak henti mengalir. Sejak saat itu hubungan rheina dengan aryo semakin merengang. Tapi itu semua tidak bertahan lama karena itu semua hanya salah paham, akhirnya hubungan mereka berdua kembali seperti semula.

Komentar :
1.  1).    Intinya, mereka bilang, tidak ada kesuksesan yang datangnya secara instan. Semuanya pasti butuh kerja keras dan perjuangan. Tapi setelah kesuksesan itu diraih, kita sendirilah yang akan puas menikmati hasil jerih payah kita nantinya.
2.  2.)    Dari cerita di atas kita dapat mengambil hikmahnya yaitu kita harus percaya kepada pasangan kita agar tidak terjadi kesalahpahaman.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer