Review Novel " Bekisar Merah" karya Ahmad Tohari






Novel berjudul "Bekisar Merah" karya Ahmad Tohari, yang diterbtkan oleh P.T Gramedia Pustska Utama, cetakan yang kedua tahun 2013. Cerita awal novel ini berawal dari seorang lelaki yang bekerja sebagai penyadap kelapa di desa yagng bernama Karangsogs. Lelaki tersebut bernama Darsa yang mempunyai istri bernama Lasi. Mereka sudah lama menikah tapi belum dikaruniai keturunan. Lasi adalah anak dari Wiryaji yang dulunya diperkosa oleh orang jepang , kemudian menikah dan setelah mengandung lasi selama lima bulan mbok wiryaji ditinggalkan oleh orang jepang tersebut. Sehingga semasa kecil lasi selalu diejek oleh anak-anak dengan sebutan "lasipang" lasi anak jepang , hanya kanjat satu-satunya teman yang tidak mengejek lasi.
Pada suatu hari seperti biasa darsa pergi untuk penyadap kelapa untuk dijadikan gula, sampai petang darsa tak kunjung pulang dan membuat lasi cemas. Dari kejauhan terdengar kaki, tampak seorang laki-laki menggendong beban dipundaknya, ternyata darsa jatuh dari pohon dan sekarat.
Lasi langsung menangis dan hampir pingsan juga binggung, karena tidak punya biaya untuk berobat ke rumah sakit, akhirnya lasi meminjam kepada pak tir, juragan gula di desanya.
Setelah dirawat tiga minggu keadaan darsa membaik tetapi dokter menyarankan agar darsa dibawa kerumah sakit besar karena darsa masih terus-terusan mengompol, tetapi karena tidak ada biaya darsa tidak dibawa kerumah sakit besar dan akhirnya dirawat di rumah oleh lasi istrinya.
Lasi membawa darsa kedukun bayi di desanya yang bernama bunek.

Setelah beberapa bulan darasa tampak kian memulih. Setiap hari darsa kerumah bunek, hal tersebut dimanfaatkan oleh bunek,dia memiliki seorang anak perempuan yang menjadi perawan tua karena kakinya pincang. Dia bernama Sipah, karena bunek ingin membuktikan kejantanaan darsa denga peranara anaknya tersebut. Sebenarnya sipah dan darsa sudah menolak, tetapi tetap melakukan hal tidak senonoh tersebut. Lasi yang mengetahui hal tersebut sangatlah sedih dan dia memutuskan untuk kabur kejakarta dengan menumpang truk ma sapon dan lasi tinggal bersama bu koneng.

Suatu hari bu koneng menyuruh bu lating untuk datang ke warung bu koneng, ingin memperlihatkan bahwa ada barang bagus yagn dimaksudkan adalah lasi . Bu lating adalah orang yang memanfaatkan para wanita cantik untuk diperistri pejabat. Setelah itu lasi diangkat menjadi anak oleh bu lasing dan dipertemukan oleh pejabat yang bernama Handarbeni dan dijadikan sebagai istrinya, Lasi sekarang  menjadi nyonya han,tetapi lasi hanya dijadikan sebagai boneka karena pernikahannya seperti hanya main-main, pak han suaminya bahkan berkata bahwa lasi boleh memuaskan lelaki lain. Dengan rasa kecewa lasi pulang kerumah dan membangun rumah ibunya, sekalligus ingin bertemu dengan kanjat dan menjelaskan bahwa pernikahannya hanya main-main.

komentar saya tetagn novel "Bekisar  Merah"
1.)  Seharusnya darsa tidak menghianati lasi dengan berbuatan tidak senonoh bersama sipah, karean  lasi sudah merawat dia saat hampir sekarat.
2.)  Jangan mudah percaya dengan orang baru saja kamu kenal, karena bisa jadi orang tersebut punya niatan jahat  padamu.
3.)  Sebelum mencela orang lain sebaiknya intropeksi diri terlebih dahulu.
4.)  Pernikahan adalah hal sakral dan hanya dilakukan sekali seumur hidup, jadi jangan main-main.



Komentar

Postingan Populer